EEPIS Online – Himpunan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi (Hima Telkom) usai menggelar kuliah tamu pada hari Jumat (6/10). Dimulai pukul 08.00 WIB, kuliah ini tidak hanya dihadiri oleh 218 mahasiswa aktif, namun turut hadir pula sejumlah dosen dari Teknik Telekomunikasi. Bertempat di Gedung Teater D3 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kuliah tamu berjalan dengan lancar dan disertai antusiasme mahasiswa. Dengan tema â€˜NET-TRANS’ kuliah tamu ini mengenalkan teknologi di dunia kerja.

Dihadiri oleh Irfan Hermawan selaku Analyst Transmission dari PT. Huawei Services. Kuliah tamu dibuka dengan sambutan oleh ketua pelaksana dan Wakil Ketua Hima (Waka Hima) Telkom. Selain itu, Ari Wijayanti ST, MT selaku Ketua Program Studi D3 Telkom serta dari Akuwan Saleh S.ST,MT selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Telkom juga turut hadir dan memberi sambutan pada kuliah tamu kali ini.

Tema ‘NET-TRANS’ yang diangkat ini sendiri merupakan singkatan dari Network and Transmission. Materi yang dipaparkan dalam kuliah tamu inipun  cukup kompleks. Secara garis besar,  materi yang disampaikan oleh Irfan Hermawan meliputi Vendor , Operator, & Customer , Topology 2G, 3G, and 4G/LTE, Site (Tower and Shelter), BTS, NodeB, eNodeB, serta Transmission. “Mahasiswa tidak boleh hanya jadi kutu buku, saya disini hanya membuka wawasan bagaimana nantinya di dunia kerja, alat-alatnya, dan teknologinya,” tutur Irfan.

Usai pemaparan materi, terdapat sesi tanya jawab yang interaktif. Dimana tidak hanya antara Irfan dan mahasiswa, namun juga dosen. Acara lalu dilanjutkan dengan pemberian cideramata secara simbolis kepada Irfan Hermawan oleh Widya Delimasari selaku ketua pelaksana. Untuk menguji wawasan mahasiswa, terdapat pula sesi pengerjaan Tes Potensi Akademik (TPA) mengenai materi yang telah didapat.

Dengan diselenggarakannyakegiatan yang merupakan satu dari serangkaian program kerja Hima Telkom ini, diharapkan mampu membuka wawasan mahasiswa serta mampu memberi ide-ide inovasi untuk para mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir yang belum mendapat judul untuk tugas akhir. Meski begitu, kuliah tamu ini dihadiri oleh banyak  mahasiswa tingkat awal yang sedang mencari ide untuk Program Kegiatan Mahasiswa (PKM). “Semoga mas, mbak, dan adik-adik wawasannya bisa jadi lebih luas, bisa tahu besok bagimana sih teknologi saat di dunia kerja, khususnya di PT. Huawei Services. Ini juga supaya kita itu lebih melek tentang jaringan yang sekarang berkembang pesat,” jelas Widya Delimasari selaku ketua pelaksana. (res/meg)

wpChatIcon
EnglishIndonesian