Workshop Jurnalistik : Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa PENS Perihal Dunia Jurnalistik


Diterbitkan 3 minggu yang lalu


EEPIS Online – Badan Ekesekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) baru saja usai menyelenggarakan workshop jurnalistik. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini berlangsung selama dua hari, yakni pada Sabtu hingga minggu (23-24/9). Bertajuk jurnalis muda berkarya kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa PENS mengenai dunia jurnalistik.

Bertempat di Teather gedung D3 PENS, kegiatan yang dimulai pukul 07.30WIB ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari internal mahasiswa PENS. Terdapat dua pemateri yang memiliki bidang khusus berbeda dalam kegiatan ini. Pemateri yang pertama adalah Arifina Budi selaku Community editor di IDNTimes.com, sedangkan peateri yang kedua adalah Thomas Benmetan selaku Content Writer di Good News From Indonesia.

Dalam workshop ini disampaikan banyak hal mengenai dunia jurnalistik, seperti PERS rilis, jenis artikel, jenis berita dan masih banyak lagi. Dalam kesempatan ini juga dibahas mendalam mengenai artikel kreatif dan news feature. Tak lupa, sesi tanya jawab pun dilakukan untuk lebih memahami perihal materi yang disampaikan. Workshop hari pertama ini berakhir dengan pemberian tugas membuat satu artikel kreatif atau news feature untuk masing-masing peserta.

Pada hari kedua para peserta mempresentasikan karya yang telah dibuatnya. Karya yang telah dipresentasikan tersebut diberi komentar, serta evaluasi baik oleh pembicara maupun peserta lain. Dalam kesempatan ini juga diberikan reward untuk peserta yang memiliki karya terbaik. Workshop ini berakhir dengan sesi foto bersama antara panitia juga pembicara. “Saya sangat senang dengan adanya workshop jurnalistik ini, selain untuk menambah ilmu, dengan adanya evaluasi tadi saya juga dapat mengetahui kemampuan saya dalam membuat suatu artikel,” tutur Atna Diafahma selaku peserta Workshop Jurnalistik. (ani)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    1 + 9 =