LKMM Pra-TD PENS 2017 Bekali Kemampuan Memanajemen Diri Bagi Mahasiswa Baru


Diterbitkan 3 minggu 2 hari yang lalu


LKMM Pra-TD PENS 2017 Bekali Kemampuan Memanajemen Diri Bagi Mahasiswa Baru
Photo By : Arjun - ENT

EEPIS Online - Setelah mengikuti serangkaian acara pengenalan kampus yakni Informasi Pengenalan Mahasiswa Baru (IPMB) dan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), kini mahasiswa baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dihadapkan dengan kegiatan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Pra Tingkat Dasar (LKMM Pra-TD) 2017. Acara yang diadakan mulai tanggal 17 – 29 Agustus ini, diadakan di dua tempat yakni di Hall Gedung D4 dan Ruang Theater Gedung D3.

Tujuan diadakannya LKMM Pra-TD ini, untuk membekali para mahasiswa baru agar dapat memanajemen dirinya sendiri saat masa perkuliahan. “LKMM Pra-TD ini adalah salah satu program dari DIKTI. Pelatihan ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru yang sedang bertransisi dari siswa ke mahasiswa, agar saat memasuki dunia perkuliahan mereka dapat memanajemen dirinya sendiri dengan baik,” tutur Tri Esti Yustini salah satu pemandu aktif PENS. 

Tema yang diusung pada tahun ini yakni PANDAWA (Pemuda yang Adaptif dan Berwawasan ke Depan). Dimana masa pelaksanaan LKMM Pra-TD dibagi menjadi 4 gelombang yakni pada gelombang pertama diikuti oleh mahasiswa asal Departemen Teknik Informatika dan Komputer. Pada gelombang kedua dan ketiga diikuti oleh mahasiswa Departemen Elektro kemudian gelombang terakhir diikuti oleh mahasiswa baru dari Departemen Teknik Mekanika dan Energi serta Departemen Multimedia Kreatif. 

Para peserta sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok yang diharuskan memiliki nama kelompok sesuai dengan tema LKMM Pra-TD tahun ini yakni PANDAWA. Diantaranya adalah Dewi Kunthi, Arjuna, Gatotkacha, Hanoman, Werkudhara dan lain-lain, dimana setiap nama kelompok memiliki filosofi sendiri dalam pemilihannya. Selain itu, mereka juga membuat jargon serta yel-yel kelompok yang nantinya akan dikompetisikan. 

Sepanjang pelatihan ini, para peserta bisa mendapatkan banyak ilmu baru yang bermanfaat seperti persepsi, kesalahan berfikir, mendengar aktif, public speaking, leadership, pengenalan diri dan masih banyak lagi. Dimana penyampaian materi dibentuk dalam sebuah forum diskusi sehingga para peserta juga bisa menyampaikan pendapat dan berbagi ilmu dengan peserta lainnya. Tidak hanya itu, di LKMM Pra-TD 2017, para peserta juga melakukan kegiatan outdoor yakni membentuk konfigurasi berupa logo PENS yang disertai dengan tulisan LKMM Pra-TD '17 dan lomba yel-yel kelompok.

Pelaksanaan LKMM Pra-TD di setiap gelombang, diakhiri dengan pembacaan awarding diantaranya adalah King and Queen, peraih TPA terbaik, pemandu teramah, pemandu terkece, fasil teramah serta fasil terkece. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video after movie sebagai penutup acara. Diharapkan dengan diselenggarakan LKMM Pra-TD ini mahasiswa baru dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat, utamanya untuk memanajemen diri. (azf/meg)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    8 + 8 =