Tunjang Penilitian dengan Workshop Modelling dan Simulation


Diterbitkan 3 minggu 2 hari yang lalu


Tunjang Penilitian dengan Workshop Modelling dan Simulation
Photo By : Rifat - ENT

EEPIS Online – Penelitian merupakan salah satu kewajiban Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma. Dalam meningkatkan aspek tersebut, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengadakan workshop. Workshop kali ini bertajuk Modelling dan Simulation. Kegiatan tersebut dihelat pada Kamis, (31/8), di Laboratorium Database Gedung D4 PENS. 

Workshop dimulai tepat pukul 09.00 WIB dengan diikuti oleh dosen dari berbagai jurusan yang ada di PENS. Kegiatan ini menyajikan materi pelatihan modelling dan simulation yang berbasis java. Tidak tanggung-tanggung, pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini merupakan Dosen dan Assistant Professor di Department of Management Science, Lancaster University Management School (LUMS), yakni Dr. Bhakti Stephan Onggo. 

Dalam momen ini, Dr. Bhakti Stephan Onggo yang juga akan menjabat sebagai Associate Professor di Trinity Business School, University of Dublin pada Oktober mendatang, mengungkapkan bagaimana pentingnya mempelajari materi dalam workshop. “Sistem yang digunakan saat ini semakin komplek, jadi Kita membutuhkan simulasi terlebih dahulu untuk mencobanya. Nah, Modelling adalah teknik membuat simulasi,” tuturnya.

Tidak hanya pemaparan materi, kegiatan ini juga memberikan kesempatan peserta untuk mencoba langsung. Menggunakan aplikasi Repast Simphony, peserta tampak serius mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Kurang lebih selama 5 jam, kegiatan tersebut akhirnya ditutup dengan foto bersama peserta dan pemateri.

Kegiatan yang dihelat dengan harapan dapat meningkatkan kualitas penilitian di PENS, disambut dengan antusias yang tinggi dari peserta. Rengga Asmara, S.Kom, salah satu peserta kegiatan ini menuturkan banyak manfaat yang dapat diperoleh. “Materinya dapat diaplikasikan dalam riset dan tentunya memberikan tambahan ide untuk bimbingan Tugas Akhir,” ungkapnya. (mus/meg)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    9 + 9 =