Direktur Jendral Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Hadiri Pameran Mahasiswa PENS


Diterbitkan 2 bulan 3 minggu yang lalu


Direktur Jendral Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Hadiri Pameran Mahasiswa PENS
Photo By : Arjun - ENT

EEPIS Online - Hari ini, Rabu (30/8) telah diselenggarakan Pengukuhan Mahasiswa Baru 2017 oleh Senat Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan dihadiri Dr. Ir. Jumain Appe M.Si. Usai dari upacara tersebut, beliau juga turut menghadiri pameran riset dan teknologi mahasiswa PENS. Bertempat di Gedung TC PENS, dalam pameran kali ini ditunjukkan inovasi-inovasi yang dimiliki mahasiswa PENS.

Dimulai sejak pukul 10.00 WIB kunjungan pameran dihadiri oleh Direktur Jendral Penguatan Inovasi Kemenristekdikti. Kunjungan dimulai dari lantai base gedung TC, dimana terdapat mobil listrik hasil riset dari mahasiswa beserta dosen PENS. Dalam pameran ini terlihat tiga buah mobil yakni mobil milik Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mobil Hemat Energi (MHE), EEPIS Prototype Vehicle (EEPROVE) dan juga komunitas mobil listrik Teknik Elektro Industri yakni Electric Vehicle Community (EVC) dengan mobil Amtenar-nya yang sempat dinaiki oleh Dirjen Penguatan Inovasi.

Beranjak dari mobil listrik, Beliau juga mengunjungi Pusat Unggulan Teknologi (PUT) yang terletak di lantai 1. Kemudian di lantai 3, terdapat stan hasil karya inovasi maupun riset mahasiswa PENS mulai dari stan robotic hingga stan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos ke PIMNAS 30 yang lalu. Tidak hanya mahasiswa yang antusias menjelaskan hasil karyanya, Dr. Ir Jumain Appe M.Si juga nampak sangat tertarik untuk mengulik satu per satu stan yang ada.

Tidak berhenti disitu, kunjungan juga dilakukan di Pensky Venture, dimana pada inkubator bisnis ini juga menunjukkan produk hasil karya dari alumni PENS. "Secara teknologi karya mahasiswa PENS ini sudah cukup bagus, sekarang bagaimana produk ini dijadikan produk yang dipasarkan, tentu harus diproduksi lebih lanjut secara industri, oleh karena itu harus dijalin kerjasama dengan industri dan juga pasar," tutur Beliau saat ditemui di akhir kegiatan.

Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat terus menumbuhkan semangat mahasiswa untuk memberikan inovasi agar mampu untuk terus meningkatkan daya saing bangsa di kanca dunia. "Dengan adanya pameran ini kami bisa menunjukkan mobil-mobil listrik yang ada di PENS, jadi di kampus ini tidak hanya ada robot saja namun juga mobil listrik dari UKM maupun komunitas yang ada di PENS" ungkap Yunus Perdana, salah satu anggota tim EVC.(meg)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    7 + 0 =