Jalani Pergantian Semester dengan Ujian Proyek Akhir


Diterbitkan 3 bulan yang lalu


EEPIS Online – Menjelang pergantian semester seperti saat ini, mahasiswa tingkat akhir Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tengah disibukkan dengan persiapan kelulusan. Ujian Proyek Akhir (PA) menjadi salah satu agenda dalam persiapan tersebut. Pada tahun ajaran ini, ujian penentu kelulusan berlangsung sejak Senin hingga Jumat, (14-18/8).

Setiap Program Studi (prodi) memiliki waktu pelaksanaan yang berbeda, bergantung pada jadwal yang telah ditentukan masing-masing prodi. Program Studi Diploma menjadi pembuka dalam ujian PA periode kali ini. Mahasiswa kelas 3 Prodi D3 Teknik Informatika (TI), D3 Teknik Elektro Industri (Elin), D3 Teknik Telekomunikasi (Telkom) dan D3 Multimedia Broadcasting (MMB), telah usai melaksanakan ujian tersebut pada Senin hingga Selasa kemarin, (14-15/8),

Prodi D3 TI menggunakan Lab. Sistem Informasi, Lab. Geografic Information System, Lab. Database, dan Lab. Soft Computing sebagai tempat ujian PA. Sedangkan, ahasiswa Prodi D3 Elin menempati Lab. Rangkaian Listrik B204 dan B205. Gedung D3 tidak ketinggalan menjadi tempat ujian PA, yang diperuntukkan mahasiswa Prodi D3 Telkom dan D3 MMB.

Setiap harinya Ujian PA ini dimulai pukul 08.00 WIB. Secara bergantian mahasiswa yang mengikuti ujian, masuk ke dalam ruangan. Ardani Duwi Nurhidayat, mahasiswa kelas 3 D3 TI mengungkapkan bahwa dalam ujian PA, setiap mahasiswa di uji oleh tiga dosen penguji. “Kami dihadapkan dengan tiga dosen penguji untuk mempresentasikan Proyek Akhir masing-masing,” tutur mahasiswa yang membuat “Aplikasi Android Pengukur Kekuatan Pukulan” dalam proyek akhirnya.

Usai ujian PA, banyak mahasiswa yang lega perasaanya telah menghadapi tahap penentuan ini. Ismi misalnya, mahasiswi Multimedia Broadcasting yang sempat tidak enak badan saat sidang, sangat bersyukur telah menunaikan tanggung jawabnya. “Saya bersyukur sekali. Sebelumnya perasaan campur aduk, kondisi badan juga kurang fit, tapi alhamdulillah sidangnya lancar,” imbuh mahasiswi yang memiliki nama lengkap Ismi Nur Faiza ini. Bagi mahasiswa yang lulus PA ini akan diwisuda pada bulan September mendatang. (mus/meg)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    1 + 1 =