Punggawa Dibalik Robot Pemadam Api EILERO Jelang KRI 2017 Nasional


Diterbitkan 1 bulan 2 minggu yang lalu


Punggawa Dibalik Robot Pemadam Api EILERO Jelang KRI 2017 Nasional
Photo By : Dokumentasi Tim

EEPIS Online – Usai diselenggarakannya Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Regional pada 4-6 Mei lalu, seluruh Tim Robotika kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang mengikuti ajang ini berhasil lolos ke KRI 2017 Tingkat Nasional. Salah satu tim yang berhasil lolos ini adalah tim EILERO pada devisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki. Setelah kembali mengadakan open laboratoriumpada (20/6), kini tim EILERO siap menghadapi KRI 2017 Nasional yang akan dilaksanakan pada 6-9 Juli mendatang.

Keberhasilan robot EILERO inipun tidak terlepas dari anggota tim yang membuat robot ini. Tim EILERO ini terbentuk atas lima orang mahasiswa dengan seorang dosen pembimbing. Kelima anggota tim tersebut yakni Rizky Choirul Huda dan Andre Faqih S. pada divisi program, kemudian Zikri Nasution dan Abdul Lathif di bagian hardware dan juga Giffar Aji Prasetyo sebagai mekaniknya. Tim inipun masih dibimbing dengan dosen yang sama yakni Eko Henfri Binugroho S.ST, M.Eng. yang merupakan dosen jurusan Teknik Mekatronika PENS.

Tim EILERO di KRI 2017 Regional kemarin telah berhasil mendapatkan Juara Harapan di divisi KRPAI. Mereka menuturkan bahwa persiapan yang hanya tiga minggu jelang KRI 2017 Regional membuat robot kurang maksimal. Dan setelah berhasil lolos ke tingkat nasional ini, tim EILERO berkesempatan untuk dapat mengembangkan robot yang akan diperlombakan ini.

Dengan ketentuan robot yang tetap sama antara perlombaan di regional dan di nasional, anggota tim EILERO ini berusaha lebih maksimal pada persiapan untuk menghadapi perlombaan nasional ini. Dengan tema yang digunakan pada KRPAI di  KRI 2017 ini yakni “Robot Cerdas Berkaki Pemadam Api”. Peraturan yang digunakan inipun mengacu pada Trinity College Internasional Robot Contest yakni pada divisi berkaki.

Dengan berbagai persiapan tim EILERO pun berharap bisa mendapatkan gelar Juara 1. “Semoga di KRI 2107 Nasional ini bisa Juara 1 sekaligus bisa mewakili Indonesia dalam Trinity College Internasional Robot Contest di USA,” ujar Giffar salah satu anggota tim EILERO.(meg)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    0 + 9 =