Bagikan Tips-Tips Pembuatan Artikel Ilmiah dalam Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional


Diterbitkan 2 bulan yang lalu


Bagikan Tips-Tips Pembuatan Artikel Ilmiah dalam Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional
Photo By : Arjun - ENT

EEPIS Online - Emitter International Journal of Engineering Technology, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan workshop pada Rabu, (14/6). Bertajuk Workshop   Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional, kegiatan ini diselenggarakan berkenaan dengan diterimanya bantuan Tata Kelola Berkala Ilmiah  dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk Emitter PENS. Pada workshop kali ini, PENS mengundang Prof. Dr. Ir Teddy Mantoro ,Msc , SMIEE sebagai pembicara.

Bertempat di gedung Teater PENS, kegiatan yang dimulai pukul 12.30 WIB ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari dosen PENS, mahasiswa S2 PENS, hingga peserta non civitas PENS. Sejak awal dimulai, para peserta nampak antusias dan serius dalam menerima materi. Hal ini terbukti dengan para peserta yang secara aktif menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pembicara.

Workshop kali ini terbagi menjadi dua termin. Pada termin pertama, pembicara mulai memaparkan materi. Mulai dari judul yang baik untuk paper, ciri abstrak yang baik, hingga penggunaan copyright pada gambar yang dicantumkan dalam paper. Beliau juga menyampaikan bahwa bagian yang paling penting dalam sebuah abstrak adalah problem. "Problem merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah abstrak, karena tentu akan menjadi lucu jika disitu kita tidak mendapatkan poin masalah, tetapi tiba-tiba ada solusi yang ditawarkan," tutur beliau.

Pada termin kedua, dilakukan quick review untuk beberapa paper yang telah dikumpulkan peserta sebelumnya. Dalam review nya, beliau juga menyampaikan beberapa komentar serta menyampaikan kesalahan-kesalahan umum pada paper yang dikumpulkan. Kesalahan itu diantaranya adalah typo, kesalahan dalam penggunaan kata ganti, penulisan copyright pada gambar, serta penggunaan bahasa inggris yang masih terdapat kesalahan.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 17.00 WIB. Tidak dilakukan sesi tanya jawab dalam workshop ini. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu serta banyaknya pembahasan yang dilakukan. Meskipun demikian, sesi foto bersama tentu saja tak dilewatkan dalam kesempatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan civitas akademika PENS dalam penulisan artikel ilmiah yang berkualitas. (ani/meg)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    8 + 1 =