Mahasiswa Akhir Antusias Hadiri Job Interview Workshop Jelang Kelulusan


Diterbitkan 4 bulan 4 minggu yang lalu


Mahasiswa Akhir Antusias Hadiri Job Interview Workshop Jelang Kelulusan
Photo By : Dokumentasi Panitia

EEPIS Online – Hari ini (23/5) telah berlangsung Job Interview Workshop 2017 yang bertempat di gedung Teater kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Workshop kali ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) dengan dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir Teknik Informatika dan juga Teknik Komputer. Peserta yang hadir inipun sambut adanya workshop ini dengan sangat antusias, dimana hal tersebut terlihat dari ruangan yang hampir terisi penuh.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB workshop ini dibuka dengan sambutan dari penanggung jawab sekaligus sambutan dari Tri Harsono S.Si, M.Kom, Ph.D selaku Kepala Departemen Informatika dan Komputer. Kemudian, memasuki agenda utama yakni workshop yang diisi oleh Sandra Kumalasari yang merupakan Head of HR Blibli.com. Setelah dihari sebelumnya pemateri juga menjadi pengisi materi pada kuliah tamu yakni dengan materi “Changes Paradigm”, dihari ini beliau menyampaikan materi seputar job interview.

Dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa, dalam workshop ini dijelaskan mengenai bagaimana cara menunjukkan kemampuan diri kepada perusahaan yang akan dituju. Selain itu, sebagai pelamar juga dijelaskan harus memahami terlebih dahulu posisi yang akan dicapai dalam perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, pada workshop ini juga memberikan materi tentang Curriculum Vitae (CV). Dalam pembahasan CV ini, pemateri yang ditemani oleh dua orang lainnya dari Blibli.com ini menuturkan jika dijaman sekarang ini CV yang dapat menarik perusahaan adalah yang unik, dimana dapat berupa movie dan bukan lagi menggunakan kertas.

Selain itu, materi yang sangat ditunggu-tunggu ini yakni interview. Dalam materi ini terdapat cara menjawab pertanyaan dengan metode Simulation Taks Action Result (STAR), dimana dalam sesi ini peserta berkesempatan untuk maju dan melakukan simulasi dari metode STAR tersebut. Tidak hanya itu, peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara langsung saat terdapat hal yang ingin ditanyakan pada workshop ini.

Dengan persiapan kurang lebih selama satu bulan, workshop yang bertujuan untuk  mengenalkan cara pembuatan CV dan juga interview pada mahasiswa tingkat akhir. Selain itu, diharapkan dari workshop ini dapat membuat mahasiswa siap menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. “Semoga acara seperti ini dapt diselenggarakan setiap tahunnya, tidak hanya bagi mahasiswa tingkat akhir namun juga dapat dikembangkan untuk mahasiswa berbagai angkatan yang mungkin ingin bekerja sambil kuliah,” jelas Auliya Anggraini selaku penanggung jawab. (meg)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    7 + 4 =