Perbesar Peluang Lolos PIMNAS Dengan Sosialisasi Artikel Ilmiah dan Paten


Diterbitkan 6 bulan 3 minggu yang lalu


Perbesar Peluang Lolos PIMNAS Dengan Sosialisasi Artikel Ilmiah dan Paten
Photo By : ENT-Arjun

EEPIS Online – Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 yang akan dilaksanakan di Kota Makassar sudah semakin dekat. Dalam menghadapi hal tersebut tim sukses kawal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 2017, menyelenggarakan kegiatan seminar pada Minggu (21/5). Seminar ini ditujukan kepada 91 tim PKM yang sudah lolos tahap pendanaan. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kegiatan tersebut dihadiri oleh satu hingga dua mahasiswa perwakilan masing-masing tim.

Seminar ini diselenggarakan sejak pukul 08.00 WIB dengan dibuka sambutan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Jenderal. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Teguh Hady Ariwibowo ST.MT. selaku koordinator tim sukses kawal PKM 2017 dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Dr. Indra Adji Sulistijono, ST, M.Eng. Kegiatan kali ini terbagi dalam dua sesi yang juga mengangkat dua materi yakni Penulisan Artikel Ilmiah dan Pembuatan Paten.

Materi yang diangkat dalam kegiatan ini, memiliki pengaruh besar dalam penentuan tim yang lolos PIMNAS. Pasalnya, materi tersebut mendukung pembuatan luaran atau hasil dari masing-masing PKM. Pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini merupakan dosen yang sudah ahli dalam bidangnya. Sesi pertama, Dr. Ir. Son Kuswadi menjadi pemateri yang menjelaskan tentang penulisan artikel ilmiah. Sesi ini menjelaskan lebih jauh tentang cara membuat artikel ilmiah yang baik.

Pada sesi selanjutnya diisi oleh Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng. Dalam sesi ini beliau memaparkan tentang bagaimana cara pembuatan paten serta macam-macam paten. Usai kegiatan tersebut, beliau memberikan kesempatan kepada beberapa tim untuk berkonsultasi lebih jauh tentang cara paten. Di akhir sesi, peserta diberikan kesempatan bertanya dalam dua termin yang terdiri dari tiga pertanyaan.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan PENS dapat meningkatkan prestasinya di ajang PIMNAS yang ke-30 ini. “Kami berharap dengan ini, setiap tim memiliki progres yang besar, sehingga peluang untuk lolos PIMNAS pun semakin besar,” tutur Bima Priambodo selaku Penanggung Jawab kegiatan. (mus/zya)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    3 + 6 =