Pertama Kali di Hadirkan, Jendela Informatika Jadi Pembuka Enumeration 2017


Diterbitkan 3 bulan yang lalu


Pertama Kali di Hadirkan, Jendela Informatika Jadi Pembuka Enumeration 2017
Photo By : Arjun - ENT

EEPIS Online - Hari Minggu ini (21/5), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) Politeknik Elekronika Negeri Surabaya (PENS) menyelenggarakan pembukaan dari Enumeration 2017. Jendela Informatika merupakan nama dari pembukaan Megaproker HIMIT yang dikemas dalam sebuah talkshow bertemakan "Inspiration for Developing Smartcity on Surabaya through IoT". Talkshow ini, berlangsung di Auditorium Pascasarjana PENS.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, dalam talkshow kali ini diawali dengan registrasi peserta yang hadir. Tidak hanya itu, pembukaan talkshow ini juga dibuka dengan Tari Sparkling Surabaya kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ahmadha Priyangga selaku penanggung jawab Enumeration 2017 ini, kemudian sambutan selanjutnya dilakukan oleh Dr. Indra Adji Sulistijono, ST., M.Eng. selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan yang juga membuka acara dengan memukul gong. Setelahnya, terdapat pengenalan moderator yakni Dwi Kurnia Basuki S.Si, M.Kom yang juga merupakan Kepala Prodi Teknik Komputer.

Dengan adanya moderator, talkshow Jendela Informatika ini diawali dengan penyampaian materi dengan tema “Internet of Thing for Smartcity” yang disampaikan secara langsung oleh Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, seorang Pakar Smartcity sekaligus Guru Besar ITB. Dalam kesempatan ini beliau membahas materi mulai dari permasalahan umum kota hingga merujuk pada konsep smartcity. Tidak hanya menghadirkan seorang pemateri, dalam Jendela Informatika ini juga turut pula menghadirkan para startup diantaranya Asmara Susanto yang merupakan CEO Ion Smart yang juga masih mahasiswa PENS, Tiyo Avianto selaku Founder & CEO Cubeacon yang juga merupakan alumni PENS, serta Tanjung Utomo selaku Founder Trafizap.

Dalam talkshow ini 153 peserta yang hadir tidak hanya mendapatkan materi saja, melainkan juga dapat mengajukan pertanyaan dalam setiap sesi tanya jawa yang disediakan oleh moderator. Peserta yang datang pun tidak hanya berasal dari mahasiswa PENS saja namun dibuka untuk masyarakat umum pula. Hadirnya talkshow kali ini merupakan pertama kalinya dalam Enumeration 2017 ini, karena pada tahun-tahun sebelumnya Enumeration hanya menghadirkan ajang perlombaan. “Saya kira saya mengapresiasi kegiatan yang diadakan mahasiswa dan mahasiswi PENS ini, sehingga mahasiswa yang hadir dapat mendapatkan pengetahuan yang lebih lagi dan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan baik di kotanya maupun dilingkungannya,” ujar Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat selaku salah satu pemateri dalam Jedela Informatika.

Diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus dikembangkan terutama untuk mahasiswa PENS. “Seminar tentang IoT ini sangat sesuai dengan jurusan saya yakni Teknik Komputer sehingga saya tertarik terutama kepada para startup dengan produknya saat ingin mendapatkan perijinan dari pemerintah dan ternyata pemerintah akan mendukung jika kita membayar pajak dan mematuhi peraturan yang ada,” ungkap Falachudin Akbar, peserta asal Universitas Brawijaya. (meg)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    0 + 9 =