Jelang Menjadi Mahasiswa PENS, Calon Mahasiswa Baru Harus Lalui Psikotes dan Tes Kesehatan


Diterbitkan 1 minggu yang lalu


EEPIS Online – Menjelang akhir semester genap, Perguruan Tinggi se-Indonesia termasuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Minggu lalu, PENS telah mengumumkan calon mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) 2017. Pasca pengumuman tersebut, siswa yang dinyatakan lolos diharuskan mengikuti serangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru yakni Psikotes dan Tes Kesehatan pada Selasa-Rabu, (16-17/5).

Tahun ini, kuota calon mahasiswa yang diterima melalui jalur PMDK-PN sebanyak 40% dari daya tampung mahasiswa baru di PENS yakni sejumlah 308 calon mahasiswa. Pelaksanaan psikotes yang dilaksanakan di ruang Auditorium Lt. 6 Gedung Pascasarajana dan diikuti oleh 193 calon mahasiswa yang sudah daftar ulang. Psikotest ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan minat bakat calon mahasiswa PENS.

Dalam kegiatan tersebut, PENS bekerja sama dengan lembaga penyelenggara tes psikologi guna untuk mendapatkan hasil yang benar-benar akurat sesuai tujuan awal. “Dari sini kami dapat mengetahui kemampuan mahasiswa baru. Sehingga, kita dapat mengarahkan mahasiswa nantinya, agar dapat berprestasi,” tutur Pindharwati Bandiannaningsih, SE. selaku Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan.

Tes kesehatan dilaksanakan keesokan harinya, tepatnya dimulai pukul 08.00 WIB. Dalam tes ini dokter dari klinik PENS akan melihat seberapa besar daya tahan tubuh dan riwayat penyakit dari mahasiswa. Tes in diharapkan dapat mempermudah penanganan mahasiswa ketika memiliki keluhan mengenai penyakit yang di derita.

Dengan kedua kegiatan ini, maka tampak keseriusan mahasiswa baru yang benar-benar ingin masuk ke PENS. Syafina Maghfiroh Nur Azizah, calon mahasiswa D4 Elektro Industri ini mengaku lebih tertarik untuk masuk di PENS, meskipun sudah diterima di kampus lain. “Saya bersyukur bisa masuk sini, saya berharap dengan masuk PENS ini cepat mendapat kerja nantinya,” ungkapnya. (mus/meg)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    8 + 3 =