Mahasiswa PENS Torehkan Prestasi dalam Rising 50 Byoc Coding Competition di Batam


Diterbitkan 2 minggu yang lalu


EEPIS Online – “Kampus Tradisi Juara” merupakan slogan yang telah melekat pada kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Tidak hanya berprestasi dalam bidang robotika, melainkan juga dalam bidang informatika. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya juara harapan pada ajang Rising 50 Byoc Coding Competition yang berlangsung di Politeknik Negeri Batam (5-7/5) lalu.

Rising 50 Byoc Coding Competition merupakan ajang perlombaan yang diadakan oleh pemerintah Singapura dan Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati 50 tahun kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Singapura ini diikuti oleh sekitar 880 peserta yang terbagi dalam beberapa tim. Mahasiswa PENS turut berpartisipasi didalamnya, dengan diwakili oleh sembilan mahasiswa asal jurusan Teknik Informatika dari berbagai angkatan. Yakni Bahrul Amaruddin dan Jefry Dewangga dari angkatan 2016,Muhammad Alfian dan Wahyu Ade Sasongko dari angkatan 2015, Hasna Khairunnisa, Jeni Abdulrokhim, Muhammad Iskandar dari angkatan 2014, serta Yasin Abdullah dan Riza Budi Prasetya yang merupakan mahasiswa D4 Lanjut Jenjang.

Pada perlombaan ini, para peserta diminta untuk membuat start up berbasis aplikasi dengan beberapa pilihan tema yang berhubungan dengan bidang ekonomi. Dalam kesempatan ini mahasiswa PENS memilih tema Logistic in Gig Economy, dengan membuat sebuah aplikasi bernamakan Flashdeal. Aplikasi ini berbentuk chat bot yang ada dalam salah satu sosial media, sehingga memudahkan pelanggan online shop untuk mengetahui harga dari barang yang ingin ia beli tanpa menunggu jawaban admin.

Tidak hanya sukses menjadi juara, start up karya mahasiswa PENS ini juga menarik perhatian dari Departemen Ekonomi Singapura. “Kemarin dari pihak Departemen Ekonomi Singapura sempat menghubungi kami untuk mem-follow up perihal start up yang kami buat,” tutur Jefry.

Diharapkan prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa PENS dapat terus dipertahankan. Selain itu diharapkan pula apa yang telah dibuat oleh mahasiswa PENS ini dapat bermanfaat. Tidak hanya dalam masyarakat, namun juga dalam industri sehingga aplikasi ini dapat dikembangkan dan direalisasikan nantinya. (ani/dek)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    9 + 8 =