Hadiri SMNPDN 2017, Delegasi PENS Turut Mewujudkan Peran Fungsi Mahasiswa


Diterbitkan 1 bulan 3 minggu yang lalu


Hadiri SMNPDN 2017, Delegasi PENS Turut Mewujudkan Peran Fungsi Mahasiswa
Photo By : Dokumentasi Panitia

EEPIS Online – Forum nasional yang beranggotakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi kerap kali menyelenggarakan kegiatan besar. Kali ini, Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi (Permadani Diksi) Nasional kembali berkesempatan menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dengan mengusung nama ‘Silaturahmi dan Musyawarah Nasional Permadani Diksi Nasional (SMNPDN) 2017’ kegiatan ini diadakan di Universitas Lampung (UNILA) pada 1-5 Mei lalu. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang juga menjadi anggota forum ini mendelegasikan dua mahasiswanya yakni M. Chandra H. dan Musfiqon.

Acara ini diikuti oleh 164 mahasiswa dari 63 perguruan tinggi se-Indonesia. Serangkaian kegiatan yang merupakan kali kedua ini dibuka dengan acara welcoming party yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Bandar Lampung. Dalam acara ini, peserta saling mencicipi makanan khas yang dibawa oleh masing-masing delegasi. Pada hari kedua, acara secara resmi dibuka oleh Rektor UNILA Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P.

Kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Nasional yang diselenggarakan di Gedung Kantor Walikota Bandar Lampung. Seminar ini mengangkat tema ‘Generasi Emas Indonesia’. Tema tersebut membahas kondisi pemuda Indonesia saat ini. Dalam momen ini, Drs. Ismet Yus Putra, MM, selaku pembicara memberikan pesan kepada peserta tentang peluang pemuda di masa depan. “Masa depan Indonesia ada ditangan kalian, sebagai pemuda perkuat niatmu untuk menuntut ilmu, sehingga dunia pun kamu genggam,” tutur beliau yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan sidang pleno pada hari kedua hingga hari keempat. Sidang pleno tersebut membahas tentang kepengurusan Permadani Diksi Nasional untuk periode 2017-2019 dan kontribusi bagi bangsa Indonesia. Dalam sidang ini, telah terpilih ketua baru forum mahasiwa bidikmisi ini, yakni Hendri Irawan dari Universitas Riau. Setelah sidang tersebut, terdapat kegiatan Malam Ramah Tamah yang sekaligus menjadi Upacara penutupan. Acara di malam terakhir ini menampilkan berbagai penampilan budaya dari berbagai wilayah Indonesia.

Serangkaian acara ini ditutup dengan kegiatan city tour pada Jumat lalu (5/5). Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya peran fungsi mahasiswa bagi masa depan Indonesia. “Kami berharap dapat berkontribusi secara aktif, dengan menjunjung slogan bidikmisi yaitu menggapai asa, memutus rantai kemiskinan,” ujar M. Chandra H., salah satu delegasi PENS. (mus/meg)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    4 + 2 =