Janaka Festival PENS Hadirkan 'Haru No Hikari' untuk Pertama Kalinya


Diterbitkan 8 bulan yang lalu


Janaka Festival PENS Hadirkan 'Haru No Hikari' untuk Pertama Kalinya
Photo By : Rifat - ENT

EEPIS Online - Untuk pertama kalinya, di Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) digelar sebuah festival Jepang. Janaka Festival PENS (JFP) merupakan nama festival yang dibuat oleh Janaka, salah satu komunitas yang berdiri pada tahun 2013 di PENS. Mengusung tema 'Haru No Hikari' yang berarti cahaya musim semi, festival ini disambut meriah oleh pengunjung yang hadir.

Dimulai sejak pukul 09.30 WIB, festival ini dibuka dengan sambutan dari ketua komunitas Janaka dan sambutan dari Drs. Achmad Basuki M.Kom,Ph.D selaku Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda JFP ini telah resmi dibuka. Berlanjut pada serangkaian JFP, sebagai awal penampilan disuguhkan sebuah tarian Sakura Odori yang dilakukan oleh grup tari asal ITS. Kemudian dilanjutkan dengan lomba Utakon atau lomba karaoke jika dalam Bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, dalam festival ini juga terdapat lomba band. Disela-sela perlombaan ini juga terdapat penampilan paduan suara dari UKM PENS dan juga Ebiyumei Dance Cover.

Festival yang dibuka gratis untuk umum ini berhasil menarik minat pecinta budaya Jepang yang ada di Surabaya. Banyaknya perlombaan juga merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung, tidak hanya lomba utakon dan lomba band, dalam festival ini juga mengadakan perlombaan lainnya seperti lomba coswalk dan juga lomba fotografi. Peserta yang mengikuti lomba coswalk disini masing-masing dari mereka menghadirkan kostum dengan karakter-karakter cosplay maupun karakter khas seni Jepang lainnya dan menampilkannya layaknya fashion show. Tidak ketinggalan, peserta fotografi juga memburu foto peserta coswalk yang banyak menarik perhatian pengunjung. Turut pula hadir penampilan cosplay dari Animade yang semakin memeriahkan acara dihari tersebut.

Berlangsung di sekitar gedung TC PENS, semakin sore festival ini makin dipadati oleh penggunjung. Ditambah dengan penampilan dari Blue Motion yang meghadirkan dance cover dan penampilan dari Mueeza Band. Tak cukup itu, masih ada pula penampilan Tari Yosakoi yang dibawakan oleh UKM Tari PENS. Pada JFP ini juga semakin ramai dengan banyaknya stan komunitas, makanan, aaccesories dan tak ketinggalan ada photoboth. “Festivalnya sangat meriah, untuk acara sebesar ini bisa diadakan oleh sebuah komunitas yang ada di PENS,” ungkap Arsyi salah satu pengunjung dari Surabaya.

Dan setelah petang, JFP ini memasuki puncak acara yang mengumumkan seluruh hasil pemenang lomba dan juga penampilan dari guest star yakni Kiseki dan Akai Sister. Turut dilengkapi pula dengan penampilan dari DJ Dropin dan penutupan acara berlangsung meriah meskipun sedikit diguyur hujan. “Semoga JFP ini menjadi tonggak awal untuk komunitas ini agar semakin hidup dan ditahun depan akan kita adakan lagi dengan tema yang berbeda dan lebih besar lagi,” jelas Drs. Achmad Basuki M.Kom,Ph.D. usai memberikan sambutan. (meg)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    4 + 1 =