EEPIS Online – Hari ini (25/3) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali melepas para mahasiswa yang siap mengamalkan ilmunya pada Sidang Senat Terbuka yang ke-8. Serangkaian acara penanda kelulusan tersebut digelar di ruang Auditorium Lt. 6 Gedung Pascasarjana PENS. Acara ini berhasil mengukuhkan 167 wisudawan yang berasal dari tiga jenjang sekaligus yakni 4 wisudawan Magister Terapan (S2), 143 wisudawan Sarjana Terapan (D4) dan 20 wisudawan Ahli Madya (D3).

Tepat pukul 08.00 WIB acara dimulai dengan ditandai masuknya pedel pembawa tongkat wisuda ke dalam tempat upacara. Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne PENS. Dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Dr. Zainal Arief, ST., MT. selaku direktur PENS ini dihadiri orang tua dan wali dari para wisudawan. Meskipun momen kali ini termasuk sakral, tetap terlihat kesemarakan dan kemeriahan ditunjukkan para wisudawan. Riuh tepuk tangan dari para wisudawan tidak henti-hentinya mengiringi pemanggilan nama saat penyerahan ijazah.

Upacara kelulusan kali ini berhasil meluluskan empat mahasiswa dengan predikat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) cumlaude. Wisudawan berprestasi tersebut yakni Indra Ferdiansyah, Rahmatina, Haadziq Fathiya Al-Maroghi, dan Safrizal Ariyandi. Peraih IPK tertinggi dalam wisuda kali ini adalah Safrizal Ariyandi dengan IPK 3.86. “Saya berharap ilmu saya tidak hanya dalam bentuk nilai saja, melainkan dapat berguna bagi masyarakat, karena menurut saya tujuan utama mencari ilmu adalah agar berguna bagi masyarakat,” tutur wisudawan yang berasal dari Program Studi D4 Lanjut Jenjang Teknik Informatika.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan janji wisudawan dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) PENS. Selain itu, Dr. Zainal Arief, ST., MT. juga memberikan sambutan dalam acara ini. Penampilan tari dari UKM Tari yang kemudian disusul dengan pembacaan doa oleh Imamul Arifin Lc, M.Hi. menjadi penutup dalam serangkaian acara ini.

Dalam acara tersebut Dr. Zainal Arief, ST., MT. berpesan kepada wisudawan untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di PENS. “Selamat berkarya! bangsa Indonesia menunggu karya-karya inovatif kalian untuk bangkit menjadi bangsa yang besar,” tutur beliau dalam akhir sambutannya. Diharapkan upaya PENS dalam mendorong kreatifitas civitas akademika dapat terus menciptakan lulusan yang mampu menghasilkan karya inovasi teknologi terapan. (mus/zya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian