MARS: Wadahi Minat Mahasiswa dalam Robot Sepak Bola Beroda


Diterbitkan 11 bulan 1 minggu yang lalu


EEPIS Online – Serangkaian kegiatan Mechatronics Autonomus Robot Soccer (MARS) Competition 2016 telah usai diselenggarakan pada Selasa lalu, (20/12). MARS merupakan sebuah sebuah event yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mekatronika (HIMA MEKA) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Bertempat di Hall Gedung D4 PENS, dalam event ini HIMA MEKA PENS bekerja sama dengan National Instrument dibidang robot sepak bola beroda.

Dalam serangkaian kegiatan MARS terbagi menjadi beberapa sesi, yakni workshop dan kompetisi robot sepak bola beroda. Untuk workshop sendiri dibagi menjadi dua sesi lagi. Kedua sesi tersebut masing-masing memperkenalkan tentang  NI myRIO dan LabVIEW. Sementara untuk kompetisi robot sepak bola beroda berlangsung setelah workshop. Kompetisi ini diadakan sebagai ajang pengaplikasian workshop yang telah dilakukan, serta sebagai ajang unjuk kreatifitas mahasiswa PENS.

Muhammad Khoirul Abdullah, salah satu peserta MARS Competition 2016 mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini. “Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat. Karena selain menambah wawasan saya mengenai NI myRIO dan LabVIEW, kegiatan ini juga memberikan saya pengalaman bagaimana rasanya berpartisipasi dalam ajang kompetisi robot,” tutur Khoirul yang juga merupakan mahasiswa semester pertama Teknik Mekatronika PENS.

Seperti pertandingan sepak bola pada umumnya, pemenang dari kompetisi MARS sendiri berdasarkan tim yang dapat mencetak skor terbesar. Namun, pada perlombaan ini, dalam satu tim terdiri dari dua robot, yakni satu robot dikendalikan oleh peserta dan satu robot lagi bergerak secara otomatis dengan sensor kamera. Dalam kompetisi ini diikuti oleh 16 tim. Masing-masing tim terdiri dari tiga peserta.

“Peserta MARS Competition 2016 ini seluruhnya adalah mahasiswa PENS. Karena kegiatan ini merupakan kali pertama diadakan, namun untuk kedepannya kami berharap dapat menjadikan MARS Competition menjadi perlombaan yang berada pada tingkat nasional maupun internasional,” tutur Muhammad Nasrullah, penanggung jawab dari MARS Competition 2016.

Acara MARS Competition 2016 ini resmi ditutup tepat pukul 20:30 WIB dengan prosesi penyerahan hadiah pada para juara. Hadiah diberikan secara langsung oleh penanggung jawab MARS kepada tim pemenang. Tim Farola berhasil meraih juara pertama dan Tim Metroens menduduki peringkat kedua. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan serta semangat dari mahasiswa PENS untuk terus berprestasi dan mengembangkan bakat mereka. (ani/fre)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    2 + 0 =