Dua Ilmuwan Diaspora Hadir Ramaikan Kuliah Tamu


Diterbitkan 1 minggu 4 hari yang lalu


EEPIS-Online. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyelenggarakan sebuah kegiatan. Melalui Direktorat Jenderal Sumberdaya Iptek dan Dikti, kegiatan tersebut berguna untuk memotivasi dan meningkatkan gairah penelitian dan iklim akademik bertaraf Internasional. Berlangsung selama sepekan (18-24/12), kegiatan yang bertajuk "Visiting World Class Professor: Menyalakan Indonesia di Peta Ilmu Pengetahuan Dunia, Sumbangsih Ilmuwan Indonesia Bagi Ibu Pertiwi" ini menghadirkan 42 ilmuwan asal Indonesia yang berada atau tinggal di luar negeri. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya  (PENS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang ikut berpartisipasi melaksanakan kegiatan tersebut, dengan menyelenggarakan kuliah tamu pada Rabu lalu, (21/12).

Bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10:00 WIB ini dihadiri oleh lebih dari 600 civitas akademika PENS. Dengan menghadirkan dua ilmuwan diaspora sebagai narasumber pada kuliah tamu kali ini. Narasumber pertama adalah Prof. Anton Satria Prabuwono, seorang Professor di King Abdulaziz University, Saudi Arabia, yang juga merupakan pakar bidang Machine Vision, Intellegent Robotics and Autonomous Systems. Sedangkan narasumber yang kedua adalah Dr. Dani Harmanto, seorang pakar bidang Mechanical and Manufacturing Engineering Programme dan Leader of Mechanical Engineering University of Derby, Inggris.

Selama kuliah tamu berlangsung, Prof. Anton Satria Prabuwono menyampaikan tentang kecerdasan dalam pembuatan produk industri. Hal ini dikarenakan sangat cocok dengan kultur politeknik yang applied science. Beliau menyampaikan bahwa meski banyak aplikasi Artificial Intelligence, tetapi masih belum sepenuhnya menyamai manusia. Seperti dalam self repair, natural expression, dan banyak hal lainnya. Dr. Dani Harmanto pun juga membahas materi mengenai industri, yakni mekatronika dan fluida dinamis. Dalam hal ini adalah penerapan fluida dinamis, seperti dalam perhitungan panas pada CPU (Central Processing Unit).

Tegar Irmansyah, salah satu peserta kuliah tamu mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini. “Selain mendapatkan wawasan dan ilmu, saya juga dapat merasakan bagaimana rasanya belajar di luar negeri tanpa harus pergi kesana,” tutur Tegar yang juga merupakan mahasiswa tahun keempat D4 Teknik Mekatronika.

Acara berakhir dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa. Setelah berakhirnya acara juga dilakukan foto bersama antara Prof. Anton Satria Prabuwono dan Dr.Dani Harmanto dengan civitas PENS . Dalam kesempatan ini kedua narasumber juga menyampaikan pesan terhadap mahasiswa PENS untuk terus berinovasi dan fokus dalam meraih cita-cita. (ani/fre)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    1 + 9 =