Siapkan Kemampuan Kegiatan dalam Serangkaian LKMM TD PENS 2016


Diterbitkan 8 bulan yang lalu


Siapkan Kemampuan Kegiatan dalam Serangkaian LKMM TD PENS 2016
Photo By : Dokumentasi Panitia

EEPIS Online  Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menyelenggarakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM TD). LKMM TD merupakan kegiatan yang digelar setiap tahunnya dan diwajibkan bagi mahasiswa baru PENS tingkat pertama. LKMM TD merupakan lanjutan dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra-Tingkat Dasar (LKMM Pra-TD) yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan dengan perencanaan dan sistematika yang baik.

Berbeda dengan (LKMM Pra-TD) yang diselenggarakan se-PENS yang terbagi tiap Departemen, LKMM TD sendiri diselenggarakan oleh setiap Himpunana Mahasiswa (Hima) Jurusan masing-masing. Dimana untuk waktu pelaksanaanya tiap minggu ada dua hima yang melaksanakan secara bersamaan di tempat yang berbeda yaitu gedung D3 dan D4. Untuk jadwal penyelenggaraannya sendiri selama empat minggu dimulai dari tanggal 25-27  November untuk HIMA Elka dan HIMA MMB, tanggal 2-4 Desember untuk HIMA Telkom dan HMCE, tanggal 9-11 Desember HIMA Elin dan HIMA Energi hingga tanggal 16-18 Desember untuk HIMIT dan HIMA Meka.

Materi LKMM TD sendiri terbagi dalam dua jenis, yang pertama materi Pengembangan Sikap dan Keterampilan yang berisikan materi-materi wajib dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Dan yang kedua materi Penambah Wawasan yang berisikan materi dari setiap HIMA. Masing-masing materi dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi penyampaian materi dengan cara berdiskusi dan sesi simulasi. Dimana dalam sesi simulasi ini peserta dituntut untuk mampu mengimplementasi materi yang telah didapatkan secara sederhana di dalam kelas.

Pelatihan yang bermanfaat ini menimbulkan kesan tersendiri bagi para peserta. Salah satunya adalah Ahmad Afif Nurmaudy mahasiswa 1 D3 Teknik Telekomunikasi A mengungkapkan “Pelatihannya seru dan mendapatkan banya wawasan. Selain itu juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana untuk memanajemen suatu kegiatan seperti tolok ukur kegiata, teknik persidangan dan yang lainnya”.

Selanjutnya, untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan, para peserta LKMM TD setiap Hima diberika penugasan atau yang biasa di sebut sebagai Kegiatan Pasca Pelatihan (KPP). Setiap HIMA memberikan KPP yang berbeda-beda untuk pesertanya sesuai dengan kebutuhan dari HIMA masing-masing. Diharapkan dengan diadakanya pelatihan LKMM TD ini dapat bermanfaat dan menjadi bekal untuk mahasiswa PENS 2016 dalam mengadakan kegiatan yang berkualitas selama berkuliah di kampus PENS. (dek)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    0 + 7 =