Didik Mahasiswa dalam Pengembangan Mobile Apps Melalui Kuliah Tamu


Diterbitkan 6 bulan 2 minggu yang lalu


EEPIS Online ­– Dunia mobile saat ini semakin menggeliat, permintaan akan pengembang aplikasi mobile pun terus meningkat. Melihat peluang itu, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Multimedia Broadcasting (MMB) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menyelenggarakan kuliah tamu pada Jumat (9/12). Peserta kuliah tamu kali ini merupakan mahasiswa aktif D3Multimedia Broadcastingdan D4 TeknologiGame.

Berlangsung sejak pukul 07.00 WIB, kuliah tamu ini diselenggarakan di Ruang Teater Gedung D3 PENS. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi dalam dua sesi. Pemateri yang dihadirkan dalam kuliah tamu kali ini merupakan ahli dalam aplikasi mobile yaitu Viqi Firdaus, Liem Eddy Wahono dan Imam Fauzi A.

Mobile Apps Development merupakan tema yang diusung dalam kuliah tamu ini. Tema tersebut membahas mengenai perkembangan mobile application di era yang serba canggih ini. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini cukup menarik, yaitu Technology in the World dan Mobile Apps Developer. Selain penyampaian materi yang menarik, pada kegiatan ini panitia juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya pada pemateri di akhir sesi.

Pada sesi pertama, materi yang disampaikan adalah Technology in the World. Materi yang membahas mengenai perkembangan teknologi di dunia tersebut dijelaskan oleh Viqi Firdaus. Dalam kesempatan ini sempat disinggung mengenai beberapa teknologi yang akan menjadi trend di tahun 2017 yaitu seperti Intelegent Apps, Digital Twins dan Mesh Apps and Services.

Dalam penyampaian materi sesi kedua, Liem Eddy Wahono yang merupakan Owner dari GSmart-IT Solution menjelaskan empat konsep pengembangan mobile apps. Konsep tersebut terdiri dari Responsive Website, Native Apps, Hybird Apps Web dan Hybird Apps Mix. Selain itu, beliau juga memaparkan bahwa mobile apps merupakan marketing tools masa depan. “Mobile application memiliki banyak kategori diantaranya communication dan multimedia. Hal tersebut tentunya memiliki potensi yang sangat besar jika dikembangkan,” ujar pemateri yang juga merupakan Founder dan CEO dari mitrajual.com.

Dengan diadakannya kuliah tamu ini mahasiswa Departemen MMK PENS diharapkan dapat menambah pengetahuannya dalam bidang pengembangan mobile application pada era digital ini. “Semoga peserta kuliah tamu kali ini bisa mempergunakan ilmu yang sudah didapatkan mengenai mobile apps development sehingga mampu survive di era digital ini,” tutur Bilqis Firdausiyah Lutfi selaku penanggung jawab acara. (mus/zya)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    2 + 5 =