Apresiasi Project Mahasiswa Teknik Komputer dengan Pergelaran Expo


Diterbitkan 2 bulan 2 minggu yang lalu


Apresiasi Project Mahasiswa Teknik Komputer dengan Pergelaran Expo
Photo By : Dokumentasi Panitia

EEPIS Online– Kamis (08/12), Himpunan Mahasiswa (Students’Union) Computer Engineering (HMCE) menggelar pameran “Image Processing Project Expo”. Bertempat di Gedung Tekkom lantai satu, expo ini dimulai pukul 15.00 – 16.30 WIB dan terbuka untuk dihadiri seluruh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Expo ini merupakan salah satu pameran inovasi dalam bidang image processing yang diikuti oleh mahasiswa kelas 4 Teknik Komputer (Tekkom) yang terbagi dalam beberapa kelompok.

Expo ini merupakan hasil implementasi dari mata kuliah praktikum computer vision serta robot dan otomasi yang berbasis image processing. Berbagai macam alat dan software dipamerkan dalam expo kali ini, mulai dari ASTAR yang merupakan lengan robot yang berfungsi sebagai penyetempel otomatis, implementasi kinematika robot lengan pemukul gembang, hingga software yang mampu menidentifikasi kendaraan dijalan raya seperti vehincle counter using image processing dan software sejenis yang berbeda dalam penggunaan metodenya.

Awalnya alat dan software yang dibuat hanya sebagai project tugas akhir semester dari mata kuliah praktikum computer vision serta robot dan otomasi. Tetapi dosen pada mata kuliah yang bersangkutan meminta bekerja sama dengan HMCE untuk mengadakan expo ini sebagai apresiasi untuk mahasiswa atas project yang telah dibuatnya.

Project ini berfokus pada kreativitas dari mahasiswanya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bentuk project sesuai dengan topik yang diberikan. Untuk menunjukan hasilnya, saya meminta lebih kepada mahasiswa dengan menunjukan project-nya kepada khalayak di PENS. Lewat expo inilah  mereka menunjukan project-nya dan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswanya, ” ungkap Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D selaku dosen mata kuliah praktikum computer vision.

Expo ini mendapat tanggapan positif dan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa PENS. Terlihat dari banyaknya mahasiswa PENS yang memenuhi Gedung Tekkom lantai satu untuk sekedar melihat-lihat maupun bertanya mengenai project yang dipamerkan.

“Diharapkan dengan diadakannya expo ini dapat memperkenalkan ke mahasiswa PENS tentang project yang telah dibuat oleh mahasiswa Tekkom. Selain itu, juga memberika pengetahuan tentang pengimplementasian dari mata kuliah computer vision serta robot dan otomasi yang dapat membatu dalam kehidupan sehari-hari” ungkap Bob Maulana Adam selaku penanggung jawab kegiatan. (dek)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    2 + 4 =