Wujudkan Kepedulian Sosial pada Masyarakat Melalui HIMIT Actions


Diterbitkan 6 bulan 3 minggu yang lalu


Wujudkan Kepedulian Sosial pada Masyarakat Melalui HIMIT Actions
Photo By : Dokumentasi Peserta

EEPIS Online – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mewujudkan aksi perduli dengan masyarakat sekitar. Kali ini (3/12), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) adalah yang berkesempatan untuk mengadakan HIMIT Actions. Kegiatan yang sebagai bentuk Kepedulian sosial kepada masyarakat ini berlansung di Panti Asuhan Arif Rahman Hakim.

Mahasiswa yang pada dasarnya memiliki peran dan fungsi bagi masyarakat sekitarnya. Dari berbagai bidang yang ada, salah satunya adalah bidang sosial juga sangat membutuhkan peran mahasiswa sebagai generasi muda yang ada. Aksi keperdulian sosial ini dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Sebagai contoh, mahasiswa Teknik Informatika (IT) yang merupakan bagian dari mahasiswa PENS ini menunjukkannya melalui HIMIT Actions.

HIMIT Actions merupakan sebuah kegiatan yang setiap tahun di agendakan oleh mahasiswa IT. Di tahun ini, nama kegiatan yang dipilih adalah HIMIT Actions yang memiliki kepanjangan Act, care and Thinks Informatics for Social Responses. Dengan nama yang berbeda tiap tahunya tujuan dari kegiatan ini masih sama, yakni sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat.

Berlangsung sejak pukul 15.00 WIB, kegiatan ini diadakan di salah satu panti asuhan yang terletak di Jl. Arif Rahman Hakim, Gg. Deles 2 No. 12. Dengan mengundang seluruh elemen HIMIT, dikarenakan panti asuhan tidak memiliki tempat yang cukup luas maka HIMIT Actions ini diikuti oleh 20 orang volunter yang berasal dari mahasiswa IT. Dari rangkaian kegiatan ini diawali dengan sambutan sekaligus pemberian motivasi dari Rico Arisandy Wijaya selaku Wakahima. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan istighosah bersama dengan anak-anak panti. Selain itu, di HIMIT Actions ini juga membagikan bingkisan kepada anak-anak panti dan pengurus panti, pemberian sembako untuk asrama panti dan santunan.

Tidak berhenti disitu, setelah mengunjungi panti, volunter yang turut serta ini juga memberikan makanan kepada tukang becak dan petugas kebersihan yang ada di sekitar  wilayah Keputih, Mulyosari dan Gebang. Dari rangkaian kegiatan ini HIMIT Actions berakhir hingga pukul 17.00 WIB. “Karena uang 100% dari donasi, oleh karenanya kami hanya bisa memberikn seadanya juga, yang terpenting dalam kegiatan sosial ini adalah keikhlasan, terutama dari panitia,” tutur Ma’arif selaku penanggung jawab dari HIMIT Actions.

Dengan beberapa kendala hingga sempat diundurnya HIMIT Actions ini tidak menjadi penghambat sebuah tekad untuk berbuat baik. “Untuk menjalankan kegiatan sosial tidak harus dengan kegiatan besar, cukup mulai dengan yang paling sederhana dan keikhlasan menjadi kunci utama, harapannya semoga kegiatan seperti ini bisa dijalankan disetiap kepengurusan dengan lebih baik lagi,” tambah Ma’arif. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa membuat mahasiswa IT dan jurusan lainnya bisa lebih perduli terhadap kondisi sosial, imbuh mahasiswa IT 2015 ini. (meg)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    3 + 0 =