EEPISOnline(19/06). Banyak cara yang dilakukan untuk sebuah kebaikan, apalagi di Bulan yang penuh berkah ini. Salah satunya dengan diselenggarakannya Berkah Ramadhan di Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Acara ini bertajuk buka bersama dengan delapan yayasan dan kelompok belajar di daerah sekitar PENS, serta mahasiswa aktif PENS. Kegiatan bermanfaat ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) bersama dengan EEPIS Bidik Misi Organization (EBIO) dan bertempat di Hall Gedung D4. Tema yang diusung pada acara kali ini adalah “Meraih Berkah, Melukis Senyum Anak Yatim dan Dhuafa”.

Acara yang diselenggarakan ini mempunyai tujuan sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan dhuafa. Selain itu dengan diadakan kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang diadakan oleh mahasiswa PENS, khususnya mahasiswa yang mempunyai beasiswa Bidik Misi. Selain mahasiswa UKKI dan Bidik Misi yang ikut aktif dalam melaksanakan acara ini, mahasiswa lain juga turut andil menjadi donatur untuk kesuksesan kegiatan.

Berkah Ramadhan kali ini merupakan kali kedua diadakan di PENS. Peserta yang ikut dalam acara kali ini sebanyak 240 peserta. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini mempunyai peserta yang lebih menurun dari tahun sebelumnya. 

Selain dilaksanakan buka bersama dengan anak yatim dan dhuafa, terdapat beberapa acara lain yang memberikan kesenangan bagi anak-anak yang mengikuti acara ini. Terdapat pula beberapa lomba diadakan selagi menunggu buka bersama. Lomba yang diadakan antara lain adalah lomba qiroah, lomba pemilihan dai cilik dan juga lomba mewarnai. Peserta lomba pada acara ini sangat antusias dalam melaksanakan perlombaan, “Iya, ini aja anak-anak sampai menunggu dari jam satu buat acara ini, padahal kan acaranya baru dimulai jam setengah tiga sore,” ungkap Arinda Dwi Anggraini, yang merupakan pembina dari Yayasan Baitul Yatim.

Acara-acara seperti ini merupakan acara yang sangat baik untuk dilakukan. “Diharapkan acara ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi para pesertanya,” ungkap M. Rum Rowi yang merupakan penanggung jawab dari adanya acara ini. (bir/muf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian