EEPIS Online, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-28 telah berlangsung sejak Senin (5/10) kemarin. Ajang Ilmiah tahunan ini diselenggarakan di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara. Dengan diikuti oleh 440 tim dan terdiri lebih dari 1200 peserta PIMNAS ke-28 akan berlangsung hingga Jumat (9/10).

Dari sejumlah 150 tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) PENS yang mengikuti monev eksternal, 5 tim berhasil lolos mewakili kampus di ajang PIMNAS. Terdapat 4 tim bidang PKM- Karsa Cipta diantaranya Turbin Angin Clark-Y Airfoil modifikasi Winglet, Smart Gloove, Rescue Jumping Robot, Robot Pemanjat Kelapa dan 1 tim bidang PKM-Teknologi Kapal Remote Pemberi Pupuk dan Pakan Ikan. Dikarenakan mayoritas pendamping tim berhalangan untuk ikut serta, kontingen PENS didampingi oleh Bapak Adnan Rachmat Anom Besari, S.ST. selaku mewakili bidang Kemahasiswaan dan Bapak Dr. Eng. Indra Adji Sulistijono, ST., M.Eng selaku pendamping Robot Pemanjat Kelapa.

Hari pertama perlombaan seluruh tim disibukkan dengan registrasi ulang, technical meeting dan persiapan pameran poster. Deretan poster dibagi menurut kelas presentasi, dimana masing-masing kelas terdiri dari 20 tim. Beruntungnya seluruh tim asal PENS berada di kelas yang berbeda.

""

"Tim PENS sih sudah karantina sejak H-1 minggu namun kalau dilihat disini ternyata banyak tim lain yang persiapannya lebih matang baik di stan eksibisi ataupun perwakilan upacara pembukaan," ungkap Istivita Kartika mahasiswa PENS angkatan 2014.

Selain presentasi hasil kreativitas, poster juga dilombakan. Sehingga tidak sedikit mahasiswa yang getol mempersiapkan stan poster untuk mampu bersaing dengan poster lain sesuai kelas. Lokasi eksibisi poster untuk PKM-KC, PKM-M, PKM-K, PKM-PE, PKM-GT, PKM-PSH terletak di Gedung Sport Center dan PKM-T di Gedung Pusat Kewirausahaan. Harapannya seluruh tim asal PENS mampu mengoptimalkan baik presentasi maupun poster dan membawa nama PENS di tingkat nasional. (nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian