EEPIS-Online. Satu lagi prestasi ditorehkan oleh mahasiswa PENS dalam perhelatan Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2015. Kompetisi yang digelar oleh LAPAN tahun ini merupakan kompetisi tahunan. Komurindo-Kombat 2015 dilaksanakan sejak tanggal 2-5 Agustus di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. 

PENS berhasil membawa pulang gelar juara 2 Kategori Muatan Roket, juara 2 Kategori Balon Atmosfer, Juara Harapan 1 Kategori Roket EDF, dan menjadi pemenang ide terbaik kategori Balon Atmosfer. Tim StarPENSky-X4 yang mewakili PENS dalam kategori muatan roket ini dibimbing oleh Moh Nasyir Tamara, S.ST, MT. Tahun ini tema yang diusung dalam kategori Muatan Roket adalah Pemantauan Jarak Jauh pada Sikap Muatan Roket Balistik Roket Uji Muatan-RUM, dimana antena roket diharapkan memiliki kemampuan mengarahkan untuk mencari posisi roket secara real time mengandalkan perangkat yang ditentukan. 

Berbeda lagi dengan kategori Roket EDF, tim EEPISky G-06 yang bertanding di kategori ini harus memiliki kemampuan terbang secara autonomous atau terkendali dan diluncurkan baik secara nirkabel (wireless) maupun dengan kabel melalui peluncur yang dibuat sendiri oleh peserta. Tim ini dibimbing oleh ofria Hanafi, S.ST, MT dan Ni’am Tamami, S.ST, MT. Untuk tim EEPISky_Baloon_02 yang bertanding di kategori Balon Atmosfer dibimbing oleh Hendhi Hermawan, S.ST.

Perjuangan tim PENS dalam kompetisi ini tidaklah mudah, karena sebelumnya terdapat dua tahapan seleksi, yakni seleksi proposal dan seleksi laporan teknis perkembangan dari roket tersebut. Setelah melalui dua tahapan seleksi sebanyak 20 tim dari kategori muatan roket dan 20 tim dari kategori roket EDF dari seluruh Indonesia yang berkompetisi dalam perhelatan ini. Sedangkan untuk kategori Kombat, Balon Atmosfer, terdapat 16 tim yang lolos.

Selamat atas capaian yang berhasil diraih oleh tim PENS dalam kompetisi Komurindo-Kombat 2015. Politeknik JOSS!. (and)

wpChatIcon
EnglishIndonesian