EEPIS-Online, Kabar menggembirakan diberikan oleh tim PENShip dalam ajang RoboBoat di Virginia, Amerika. Tepat 1 Minggu setelah keberangkatan tim yang di bimbing Iwan Kurninato Wibowo ini telah berhasil melaju ke babak kualifikasi pertama.

Setelah satu hari pelaksanaan kualifikasi pertama yang di adakan di danau Swan (11/7). Tim ini mampu menyelesaikan dua dari lima misi pertandingan. Misi pertama yang berhasil di lalui oleh tim PENShip ini adalah speed test dimana robot di uji kemampuan kecepatannya, sedangkan misi kedua yang berhasil di lalui adalah misi untuk menghindari rintangan yang di tata secara acak atau yang di kenal dengan misi obstancles. Sayangnya robot ini harus terhenti pada misi ke-tiga yakni Automated docking.

Misi ketiga ini untuk menguji kamampuan kapal dalam mendeteksi gambar sasaran , dan jika kapal mampu menemukan sasaran kapal harus menabrak gambar yang telah di temukan. Akibat terhenti di misi ketiga, tim tidak dapat menguji kemampuan kapal untuk melewati misi ke-empat yakni pengujian untuk mencari pinger dengan deteksi frekuensi yang di kirim air, dan misi ke lima yakni misi probabillity chalenge. Pada misi terakhir sendiri merupakan misi yang di gabungkan dengan quad copter untuk merekam data gambar yang dikirim kembali ke kapal.

Sayangnya robot gagal melewati misi ketiga akibat permasalahan jaringan, hal tersebut membuat mereka tidak dapat mencoba misi selanjutnya . "Sebenarnya target kita bisa menyelesaikan tiga sampai empat misi, namun karena terdapat trouble pada jaringan maka hanya bisa menyelesaikan 2 misi," jelas Irwan Privasa Baraputra selaku mekanik tim.

Meski hanya bisa menyelesaikan 2 misi, harapan untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia masih terbuka lebar. Tim optimis untuk memberikan hasil yang terbaik di babak kualifikasi akhir yang akan di gelar  hari ini (12/7) waktu Virginia. "Hasil  yang telah dicapai kemarin cukup memuaskan, itu sudah lumayan. Meskipun pengumuman hasil lima besar belum keluar, kami memprediksi bisa masuk 5 besar," ujar Bara optimis. (arn/and)

wpChatIcon
EnglishIndonesian