EEPIS Online – Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (monev PKM) telah digelar selama tiga hari pada 16 – 19 juni 2015. Presentasi monev dilakukan di lantai 3 Gedung Pascasarjana mulai 08.00 WIB. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan dua ruangan. Di masing-masing ruangan terdapat satu reviewer. Bertindak sebagai reviewer di kampus PENS yakni Ibu Dra. Endang Budi Asih, MT dan Bapak Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr., Ph.D.

Terdapat 162 peserta yang melakukan monev, dimana 150 berasal dari PENS. Dan 12 lainnya berasal dari berbagai universitas lainnya, seperti Akademi Kebidanan Hafshawaty Zainul Hasan Genggong, Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Politeknik NSC Surabaya, Politeknik Sakti Surabaya, Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Sidoarjo dan Politeknik Kesehatan Majapahit

Dalam monev ini seluruh tim melaporkan hasil kerja selama 3 bulan terakhir sesuai dengan bidang PKM masing-masing. Peserta diannjurkan membawa perlengkapan seperti log book, rincian penggunaan dana, laporan kemajuan, X-banner dan bukti produk. Bahkan berbagai persiapan juga getol dilakukan manajemen bersama dengan BEM PENS menjelang agenda ini seperti monev internal, briefing hingga expo PKM.

"Antusiasme peserta dalam mengikuti monev kali ini terlihat sangat tinggi, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah tim PENS yang bisa ke tahap monev external," ujar Nur Rahmaniah selaku Menteri Riset dan Teknologi BEM PENS.

Jadwal monev eksternal telah dipublikasikan namun dalam pelaksanaannya masih ada ketidak sesuaian waktu. Hal ini membuat monev yang awalnya terjadwal dua hari menjadi tiga hari. Dari 81 tim yang dijadwalkan pada Rabu (17/6) hanya 66 tim yang mampu maju dihari pertama. Tim selanjutnya melakukan monev eksternal pada hari berikutnya. Namun bagi mayoritas tim hal ini tidak menjadikan masalah besar. 

Poin utama dalam penilaian untuk lolos ke PIMNAS yaitu, 30% kesesuaian divisi PKM, 50% monev eksternal dan 20% laporan akhir. Dengan adanya berbagai persiapan ini, diharapkan laskar PKM PENS yang mampu lolos ke PIMNAS dapat meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya yang hanya dua tim. PIMNAS akan diselenggarakan pada 24 – 27 Agustus 2015 di Universitas Halu Oleo, Kendari Sulawesi Tenggara. (nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian