EEPIS-Online, ENUMERATION (Exhibition of Youth Markerting, Entertainment, Art and Technology Competition) kembali hadir di tahun ini. Sebagai awal program kerja (proker) terbesar di Departemen Teknik Informatika dan Komputer(ITCE) ini, digelar kegiatan workshop yang bertajuk Workshop Komunitas Teknologi pada hari Minggu, 10 Mei 2015 di Laboratorium Teknik Komputer. 

Workshop Komunitas Teknologi ini terdiri dari 4 kelas yang merupakan kerjasama dari komunitas teknologi yang ada di ITCE yaitu OSC (Open Source Community), GameKita,KomBed (Komputer Embbeded), dan Web Developper. Dimasing-masing kelas tersebut memiliki fokus pembahasan masing-masing. Untuk Kelas OSC fokus dalam membahas Android Programming, GameKita dengan Workshop Basic Logic Game, KomBed (Komputer Embbeded) dengan Workshop Pembuatan Aplikasi Microcontroller dan Web Developer yang memfokuskan Pembuatan Web dengan HTML5+CSS3.

Pada kesempatan pembukaan acara yang dilaksanakan di gedung Teater PENS pada pukul 08.00 ini, terdapat sambutan oleh penanggung jawab acara yakni Didik Purnomo yang di lanjutkan dengan sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Prabu Ananta A.K. Barulah setelah selesainya pembukaan, peserta langsung di arahkan ke laboratorium sesuai pilihan kelas workshop masing-masing.

Sebanyak 109 pelajar SMA/K dari Surabaya dan sekitarnya mendaftar di kegiatan ini. Sayangnya, pada hari-h peserta yang datang hanya mencapai 88 orang. Meski hanya 80,7 % pendaftar yang hadir, hal ini tidak mengurangi antusias peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan workshop, hal ini dapat di buktikan dengan keaktifan mereka bertanya ke pemateri saat workshop di laksanakan. Aktifnya peserta dalam workshop ini juga diimbangi dengan siap sedia pemateri untuk membantu peserta  saat mengalami kesulitan, sehingga banyak peserta yang berhasil membuat project sederhana sesuai target.

"Senang sekali bisa mengikuti workshop ini. Bisa belajar ilmu yang tidak ada di sekolah khususnya untuk pembuatan game. Semoga nantinya acara-acara seperti ini terus ada", ungkap Lisa Sofiya peserta dari SMK Darma yang ikut dalam kelas Basic Logic Game bersama rombongan 20 siswa dan 2 orang pembimbing yang jauh-jauh dari Lamongan.

Kegiatan yang di tutup dengan foto bersama pemateri dan juga pembagian CD modul serta sertifikat ini berakhir tepat pukul 16.00. Meski kegiatan telah berakhir, Pelatihan akan tetap berjalan. Berdasarkan penuturan salah satu pemateri yakni, Rizki Taufik Ulil pelatihan akan tetap di laksanakan untuk menjelaskan kepada peserta khusunya dari SMA yang awam dengan materi yang disampaikan dengan cara diskusi forum. Diskusi forum ini akan di lakukan dengan membuat group disalah satu media sosial agar peserta masih bisa berdiskusi tentang materi yang telah diberikan walaupun workshop telah usai.

Setelah menyelenggarakan kegiatan workshop ini, ENUMERATION 2015 akan menggelar dua kompetisi untuk SMA/Sederajad yaitu kompetisi logika dengan nama Logic Competition(LogComp) yang akan diselenggarakan pada 7 Juni 2015 dan Digital Magazine Competition yang akan berlangsung pada acara puncak ENUMERATION pada tanggal 14 Juni 2014. Bagi yang ingin mengikuti 2 kompetisi tersebut bisa mengunjungi http://himit.pens.ac.id/enumeration-2015 untuk informasi lebuh lanjut. (ren/arn)

wpChatIcon
EnglishIndonesian