EEPIS Online – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Voli Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) unjuk gigi dalam ajang Airlangga National Volleyball Competition (ANVC) 2015, Selasa (5/5). Kompetisi olahraga yang juga bertujuan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Surabaya ke-722 ini diikuti oleh 25 perguruan tinggi dan digelar pada 4-10 Mei 2015 di GOR Kampus C UNAIR. Kekompakan anggota tim yang dijadikan sebagai kunci utama, terbukti dapat menghantarkan mereka lolos dari babak grup dan maju ke babak 16 besar.

Perlombaan yang diadakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya ini, memperebutkan piala bergilir walikota dan piala tetap rektor UNAIR. Tahun ini, PENS mengirim 12 orang mahasiswa yang berasal dari UKM Voli PENS untuk turut bertanding dalam kompetisi tersebut. PENS semula bertanding dengan Universitas Widya Kartika (UWK) dan Universitas Bhayangkara (UBHAYA) yang turut tergabung dalam dalam grup B.

Di pertandingan pertama, PENS dihadapkan dengan UWK. Babak pertama yang dimulai pukul 13.00 WIB ini, menghasilkan skor 22-25 untuk PENS, sedangkan dibabak kedua yang digelar pukul 17.00 ini, PENS kembali mengalahkan UWK dengan skor 23-25. Di pertandingan kedua (6/5) PENS bersaing dengan UBHARA. Hasil skor yang diperoleh tidak jauh berbeda dengan pertandingan sebelumnya. Dibabak pertama, PENS unggul dengan skor 22-25, sedangkan dibabak kedua, PENS menang telak dengan skor 15-25. Alhasil PENS dinyatakan berhasil lolos ke babak 16 besar yang akan dadakan pada keesokan harinya.

Walau memperoleh hasil yang memuaskan di babak grup, tim yang diketuai oleh Ryan Abdan Nafi’ tersebut mengaku bahwa mereka sempat mengalam kendala pada saat latihan. Hal ini dikarenakan jadwal latihan selama satu bulan terakhir sempat terhalang oleh Ujian Tengah Semester yang diadakan selama satu minggu. Jadwal latihan yang seharusnya 12 kali pertemuan, justru berkurang menjadi 9 kali pertemuan saja. Kegiatan organisasi yang dipegang oleh masing-masing anggota juga menjadi tantangan untuk berlatih full team. Tercatat hanya sekitar 5 kali pertemuan saja yang dihadiri oleh seluruh anggota.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tim voli PENS menjadikan kekompakan sebagai senjata dalam menghadapi perlombaan tersebut. Intensitas bertemu diluar jam latihan, terbinanya komunikasi dan sharing rutin antar anggota dengan pembimbing, merupakan trik yang dijalani mereka untuk meningkatkan kekompakan. Senada dengan para pemain, Agus Ari Wahjudi dan Gatot Hari Poernomo, selaku pembina UKM Voli PENS, turut menekankan bahwa para pemain harus siap mental dan kompak, juga percaya diri saat mengahadapi lawan.

“Capek itu pasti, namun semua itu hilang saat saya melihat kekompakan dan semangat teman-teman,” ujar Nafi’, mahasiswa semester 4 Teknik Informatika B yang merupakan kapten tim.

Pertandingan selanjutnya mrupakan babak 16 besar yang akan digelar hari kamis (7/5) pukul 12.00 WIB. Diharapakan Nafi’ dan kawan-kawan, dapat lolos hingga babak terakhir dan membawa oleh-oleh prestasi membanggakan serta dapat membawa pulang piala kemenangan bagi kampus tercinta. (zya/and)

wpChatIcon
EnglishIndonesian