EEPIS Online - Minggu (25/01) ditengah terik matahari, sebanyak 55 siswa dan siswi dari SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo berkunjung ke Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Berbeda dengan kunjungan biasanya yang disambut manajemen PENS, kunjungan kali ini disambut oleh Kementerian Luar Negeri BEM PENS. Hal ini dikarenakan kunjungan siswa-siswi tersebut diselenggarakan swadaya oleh alumni mereka tanpa melibatkan guru ataupun sekolah. Adanya kunjungan ini merupakan serangkaian agenda tahunan road to kampus. 

Alumni Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo merupakan salah satu pihak pemrakarsa dari kunjungan ini, Naufal. Dirinya menyebutkan bahwasannya kegiatan seperti ini merupakan kegiatan tahunan dari alumni. Pelaksanaan road to kampus merupakan kali kedua sejak dirintis tahun 2014 lalu.

Alumni KIR SMAN 1 Taman yang sekarang kuliah di Universitas Airlangga ini juga menjelaskan tujuan dari kunjungan ini yaitu untuk memberikan gambaran kepada adik-adik kelasnya yang saat ini duduk di kelas 3 SMA agar tidak kebingungan dalam menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang dipilih nantinya. Sehingga dari pihak peserta didik pun dapat mengajukan pertanyaan langsung selama kunjungan berlangsung

Tak hanya mengunjungi kampus PENS, rombongan SMA Negeri 1 Taman ini sebelumnya telah mengunjungi beberapa kampus perguruan tinggi yang ada di Surabaya seperti Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Rombongan kelas XII ini tiba di kampus PENS pukul 12.00 wib.

Bertempat di ruang kelas A301 Gedung D4 PENS, acara kunjungan dibuka dengan sambutan Presiden BEM PENS Ribut Wahyudi. Acara dilanjutkan dengan pengenalan kampus PENS beserta program studi yang ada di PENS oleh Muhammad Sigit Nur Cahyo selaku staff muda Kementerian Luar Negeri BEM PENS. 

Meski peserta kunjungan didominasi oleh perempuan, tampak antusiasme peserta untuk mengenal PENS lebih jauh. Terlebih ketika Ahmad Burhanuddin Yusuf, staf muda Kementerian Sosial Kebangsaan BEM PENS menjelaskan mengenai pendaftaran dan berbagai jalur masuk untuk bisa menjadi mahasiswa PENS. Puluhan pertanyaan-pun terlontar mengenai seluk beluk PENS. Kebanyakan merupakan pertanyaan mengenai perbedaan program studi dan juga prospek kerja dari program studi yang bersangkutan.

"Kunjungan seperti ini sangat bermanfaat, membuat kita yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu mengenai kampus ini", ujar siswa SMAN 1 Taman, Risya Rahma pasca melakukan kunjungan.

Kunjungan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak dan diakhiri dengan foto bersama di depan Gedung D4 PENS. "Senang sekali bisa dikunjungi adik-adik dari SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, mereka aktif-aktif dan sangat antusias mengikuti acara. Tetap giat belajar buat kalian, kami tunggu di kampus PENS", ujar Hanifah Dwindasari selaku staff muda Kementerian Luar Negeri BEM PENS. (ren/nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian