EEPIS-Online, Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya tahun ini kembali menggelar Software Expo yang kali ketiga. Masih sama dengan tahun sebelumnya, Software Expo diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat dua Teknik Informatika dan tingkat tiga Teknik Komputer. Hasil karya yang dipamerkan di Hall Gedung D4 ini merupakan hasil tugas akhir dari mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak dan Manajemen Proyek.

Acara diawali pukul 09.00 WIB dengan sambutan ketua HIMIT, Prabu Ananta yang kemudian dilanjutkan sambutan Arna Fariza, S.Kom., M.Kom. selaku Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer. Acara kemudian dilanjutkan dengan pameran beserta penjurian terhadap masing-masing hasil karya peserta.

Sebagai program kerja departemen, dalam pelaksanaannya dibantu oleh himpunan mahasiswa teknik informatika (HIMIT). Dikarenakan mahasiswa angkatan 2013 teknik informatika seluruhnya menjadi peserta dalam Software Expo ini maka panitia lapangan dipegang oleh fungsionaris angkatan 2014. "Konsep acara ini sudah dimatangkan selama dua bulan namun jelang pelaksanaan sih persiapan sekitar dua minggu, karena disisi lain kepengurusan HIMIT baru berganti dan ini termasuk proker kepengurusan sebelumnya yang akhirnya di-handle kepengurusan baru," ujar Yasin Abdullah, Staff Ahli Ristek.

Sejumlah 52 kelompok mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 20 tim mahasiswa teknik komputer dan 32 lainnya asal teknik informatika. Tim yang terdiri dari dua hingga empat orang ini memamerkan beraneka karya mulai aplikasi, game hingga kombinasi antara software dengan hardware dimana karya tersebut harus memiliki manfaat masing-masing.

Selain merupakan bentuk apresiasi departemen terhadap karya perangkat lunak yang dibuat mahasiswa Departemen Teknik Informatika dan Komputer, kegiatan Software Expo juga bertujuan untuk memperkenalkan karya-karya tersebut  kepada khalayak luas. Sehingga dalam kesempatan ini acara juga terbuka untuk umum. Tim juri terdiri dari delapan dosen diantaranya, Arna Fariza, S.Kom., M.Kom., Arif Basofi, S.Kom, MT., Umi Sa’adah, S.Kom, M.Kom., Jauari Akhmad Nur Hasim, S.ST., Dwi Kurnia Basuki, S.Si., M.Kom., Adnan Rachmat Anom Besari, S.ST, M.Sc., Iwan Kurnianto Wibowo, S.ST, MT., Bayu Sandi Marta, S.ST, MT.

Dalam ajang tahunan ini, diambil satu pemenang dari tiap kelas dan juga satu juara favorit dari keseluruhan peserta. Juara favorit diambil dari vote pengunjung yang datang. Berikut hasil pemenang dalam Sofware Expo 2015,

(ren/nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian