EEPIS-Online, Optimalisasi kinerja himpunan demi terwujudnya kesejahteraan mahasiswa teknik mekatronika yang berlandaskan kekeluargaan, itulah visi dari Afvriona Ersa Fahira, kahima wanita yang berasal 2 D4 teknik Mektaronika B ini. Untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut dan bisa langsung dirasakan manfaatnya, untuk kali pertama Himpunan Mekatronika gelar "MEKA WEEK".  Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan yang akan memberikan pelatihan dalam bentuk kuliah tamu  yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Mekatronika. 

Tidak jauh berbeda dengan kuliah tamu pada umumnya, hanya saja kegiatan kuliah tamu ini akan diagendakan berlanggung selama dua hari,Mulai hari ini (19/11) hingga esok hari. "Sebenarnya minggu ini adalah spesial pelatihan dan kuliah tamu untuk meka, namun karena pelatihan dihari senin dan selasanya ditunda sehingga kuliah tamunya dulu yang dilaksankan, " jelas Bonita Kepala Departemen Komunikasi dan Informasi Himpunan Mekatronika.

Program Kerja (Proker) yang ditangani oleh departemen dalam negeri Hima Meka ini sendiri tidak lain adalah proker besar penganti Proker Water Rocket Competiton (WRC). Meka week ini sendiri bertujuan agar mahasiswa-mahasiswi mekatronika dapat lebih dekat dengan dunia industri, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Untuk itu kuliah tamu pada hari ini akan digelar dua sesi kuliah tamu. 

Sesi pertama pada kuliah tamu yang akan dilaksanakan di gedung teater ini berlangsung sejak pukul 09.00 hingga pukul 10.00. Sesi ini Akan diulas tentang Otomasi Industri dengan menghadirkan Moch. Harun Arrosyid, S.ST selaku alumni PENS yang saat ini merupakan technical support – Automation di perusahaan Siemens Indonesia. Dalam kuliah tamunya, sempat dijelaskan mengenai totaly integrated Automation. 

Masih berada di tempat dan hari yang sama, Kuliah tamu lanjutan digelar pada pukul 12.30. Berbeda dengan sesi sebelumnya, pada sesi kedua di kuliah tamu ini mengulas mengenai kewirausahaan. Disini, Hima Meka langsung mendatangkan salah satu tim ahli di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) yakni Roy Darmawan, SE.,M.Psi.,CH.,CHt.,C.EST.,C.ET.

Selepas sesi kedua digelar dan dirasa belum cukup untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan, Hima Meka akan gelar kuliah tamu yang akan menghadirkan pembicara yang berbeda. Tidak tanggung-tanggung, akan dihadirkan dua pembicara lagi, yakni Ibu Qoniah selaku Praktisi Bidang Wirausaha dan Tiyo Avianto yang merupakan CEO PT Eyro Digital Teknologi.

"Harapan kami, adanya kegiatan MEKA WEEK dapat mendekatkan mahasiswa-mahasiswi mekatronika kedalam bidang industi dan semangat kewirausahaan mahasiswa-mahasiswa dapat semakin meningkat," harap Fani Nur Hidayah yang merupakan mahasiswa teknik mekatronika 2012. (arn)

wpChatIcon
EnglishIndonesian