EEPIS-Online (28/08), Memasuki hari kedua(28/08) Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2014, mahasiswa baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melakukan Pengabdian Masyarakat(PENGMAS). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa terhadap masyarakat sekitar.

Tepat pukul 07.00 WIB, seluruh mahasiswa baru dibagi dalam 6 titik berdasarkan gugusnya. Enam titik tersebut yaitu Gebang Lor, Gebang Kidul, TMB 1, TMB 2, Kalisari Damen, dan Mulyosari. Sesampai disana mereka ditugaskan untuk menggali informasi dari daerah tersebut. Informasi yang harus mereka kumpulkan terdiri dari 2 topik, kelompok dengan urutan nomer ganjil tentang perekonomian daerah tersebut dan topik lingkungan sekitar untuk kelompok genap. Masing-masing kelompok disediakan oleh panitia 1 buah tanaman lavender untuk diberikan kepada warga yang layak menerima tanaman tersebut.

Banyak cara yang telah dilakukan mahasiswa baru 2014, contohnya membantu anak-anak Sekolah Dasar, membantu warga sekitar berjualan dan ikut membersihkan daerah tersebut. Pada pukul 09.30 WIB, mahasiswa baru dikondisikan untuk kembali ke kampus PENS untuk melakukan forum diskusi. Forum diskusi ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa baru bertukar pikiran dengan teman satu kelompoknya.

Disamping itu mahasiswa baru juga diajarkan untuk membuat paper sederhana dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. " Kegiatan ini mengubah pola pikir saya untuk lebih peduli terhadap masyarakat sekitar." Ujar Prisma Try mahasiswa kelas 1 D4 Mekatronika.

Melalui acara ini diharapkan mahasiswa baru 2014 bisa mengambil manfaat dari kegiatan tersebut serta mampu mengaplikasikan peran fungsi mahasiswa demi kebanggaan almamater PENS. (muf/aik)

wpChatIcon
EnglishIndonesian