Dalam era konektifitas elektronik universal, hacker, virus, penipuan elektronik maupun mendengar diam-diam secara elektronik, maka keamanan data benar-benar menjadi permasalahan yang sangat penting. Perkembangan sistem komputer dan interkoneksinya melalui jaringan internet telah meningkat, tentu saja hal ini membutuhkan keamananan data dan message yang handal agar terhindar dari serangan (attack). Untuk mengamankan data atau message dijaringan internet diperlukan kriptografi dengan metode enkripsi. Salah satu metode enkripsi data yang ada adalah kriptografi simetris RC-5 (Rivest Code 5).
Pada proyek akhir ini dibuat suatu sistem dimana data yang dikirim (plaintext) di bagian pengirim (sender) terlebih dahulu dienkripsi menggunakan algoritma RC-5 dengan menggunakan sebuah kunci. data hasil enkripsi (ciphertext) akan dikirim ke bagian penerima (receiver) melalui jaringan internet menggunakan socket programming dan selanjutnya dilakukan proses dekripsi menggunakan algoritma RC-5 dan juga memakai kunci yang sama saat di proses enkripsi sehingga hasil dari dekripsi akan kembali menjadi data awal ( plaintext ), sama seperti data sebelum proses enkripsi.
Dari hasil pengujian terlihat bahwa waktu eksekusi untuk pembangkitan kunci membutuhkan waktu yang sangat cepat yaitu rata rata antara 9-10 ns, selain itu waktu eksekusi proses enkripsi dan dekripsi mengikuti banyak atau sedikitnya jumlah karakter, untuk waktu terlama yaitu sebesar 491,3 ms didapat saat proses enkripsi dari 8189 karakter. Hasil pengujian juga menunjukkan tidak ada perbedaan ukuran file sebelum dan sesudah proses enkripsi dan dekripsi.

Kata Kunci : Kriptografi, Enkripsi, Dekripsi, RC-5

wpChatIcon
EnglishIndonesian