ABSTRAK

Pengembangan robot sebagai sarana hiburan telah menjadi suatu kebutuhan, terutama bagi negara-negara maju, karena robot dapat meniru tingkah laku manusia berdasarkan instruksi programernya, sehingga menjadi suatu hal yang menarik jika digunakan untuk sarana hiburan yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum sekaligus untuk memperkenalkan dunia robotik di masyarakat.
Sebagai salah satu aplikasi robot hiburan, pada tugas akhir ini dibuat “Pengembangan Autonomous Robot Soccer Dengan Menggunakan Kamera (Hardware dan Mekanik)” yang bertujuan untuk membuat perangkat keras dan mekanik untuk aktivasi pergerakan robot.
Robot ini menggunakan kamera CMU Cam2 untuk mendeteksi keberadaan suatu objek. Dengan menggunakan kamera CMU Cam2, robot dapat mengenali objek benda yang berupa bola berwarna merah. Informasi data yang berupa objek gambar akan diterima oleh kamera, kemudian data tersebut di kirim ke Mikrokontroller AVR Atmega16 melalui komunikasi serial RS 232. Selain itu pada robot ini dilengkapi dengan limit switch yang digunakan sebagai tanda bahwa robot sudah mendapatkan bola, sekaligus membantu robot dalam mencari gawang musuh dengan bantuan digital kompas.
Selain kamera berfungsi sebagai alat identifikasi dan navigasi robot juga berfungsi sebagai referensi rangkaian penggerak yang mengendalikan pergerakan motor.
Robot ini akan bergerak secara Autonomous (otomatis) sesuai dengan informasi data yang diterima.
Setelah dilakukan integrasi antara hardware dan software didapatkan keakurasian 87,5% robot dapat mengarah kegawang dan 25% robot dapat memasukkan bola kedalam gawang yang dilakukan pada malam hari.

Kata kunci: Robot Soccer, Mikrokontroler, RS232, CMUcam2, Digital Compass, Limit switch

wpChatIcon
EnglishIndonesian