ABSTRACK
Untuk mengirimkan suatu informasi dari pengirim ke penerima terjadi beberapa proses terlebih dahulu terhadap informasi tersebut. Salah satunya adalah menggunakan proses CDMA .Dimana data pada saat akan dikirimkan data akan mengalami proses spreading yang kemudian akan di dispreading pada penerimanya . Pada proyek akhir ini akan dicoba bagaimana jika data sebelum mengalami proses spreading akan mendapatkan proses Convolutional Code.Dengan demikian dapat diketahui pengaruh dari Convolutional Code saat diaplikasikan pada sistem CDMA.
Pada proyek akhir ini digunakan salah dua tipe dari rate convolutional code untuk rate ½ dan 1/3. Akan dilakukan analisa perbandingan berdasarkan dari kinerja dari rate ½ dan 1/3 dimana kinerjanya akan di bandingkan berdasarkan nilai BER yang lebih baik menurut nilai Eb/No yang di nyatakan dalam dB.
Dengan membandingkan kode rate 1/2 dan 1/3 maka dapat diketahui kinerjanya pada sistem CDMA dimana untuk nilai BER 10-3 pada rate 1/2 membutuhkan Eb/No sebesar sekitar 11 dB sedangkan untuk rate 1/3 membutuhkan Eb/No sebesar sekitar 10 dB. Sehingga dapat dikatakan untuk rate 1/3 dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan rate 1/2.
Kata kunci : Convolutional Code,CDMA,BER

wpChatIcon
EnglishIndonesian