Dalam era perkembangan teknologi elektronik sekarang ini yang semakin berkembang pesat, maka sebuah teknologi dibuat serta dikembangkan untuk memberikan kemudahan pada setiap penggunanya. Audisi ajang pencarian bakat seperti Vocal Idol yang merupakan salah satu audisi menyanyi sudah saatnya menggunakan teknologi elektronik berbasis CTI (Computer Telephone Integration) sebagai alternatif yang mencoba memberikan efisiensi waktu, biaya serta kenyamanan. CTI (Computer Telephone Integration) merupakan teknologi IVR (Interactive Voice Response) yang banyak digunakan untuk sistem layanan berbasis telepon sebagai call center atau mesin pejawab otomatis. Fungsional dari teknologi IVR adalah sebagai user guide untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh user.

Pada tugas akhir ini disajikan sebuah implementasi sistem audisi Vocal Idol berbasis CTI (Computer Telephone Integration), dimana sebuah audisi akan dilakukan melalui telepon yang akan dilayani oleh sistem IVR (Interactive Voice Response) setelah calon peserta audisi melakukan registrasi sebelumnya melalui web.

Dari hasil MOS maka kualitas suara yang terbaik untuk di-play-kan pada sistem layanan IVR adalah menggunakan audacity dengan format perekaman PCM sampling rate 8 kHz, dengan nilai MOS sebesar 3,98 (good). Sedangkan berdasarkan hasil penggambaran PSD, untuk perekaman melalui audacity memiliki nilai PSD sebesar -90 dB. Dan untuk perekaman suara (voice record) menggunakan format PCM sampling rate 8 kHz melalui telepon karena memiliki selisih nilai PSD terkecil yaitu sebesar -1 dB dengan perekaman melalui microfon.

Kata Kunci: CTI, IVR Server, Web

wpChatIcon
EnglishIndonesian