Nim merupakan jenis permainan game klasik, yang mengandalkan strategi sebagai elemen utamanya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain dengan dengan diawali serangkaian batang, dimana setiap pemain harus memecah serangkaian batang menjadi 2 kumpulan dimana jumlah batang di tiap kumpulan tidak boleh sama dan tidak boleh kosong.
Permainan Nim yang dibuat dengan AI (Artificial Intelligence) tertentu. Pemanfaatan sistem kecerdasan buatan ini diantaranya adalah untuk pembuatan aplikasi permainan yang cerdas, contohnya adalah permainan Nim ini. Berbicara tentang Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, salah satu teknologi computer dan mesin yang terus berkembang ini merupakan salah satu bagian dari ilmu informatika yang mempunyai banyak sekali jenis algoritma. Terdapat banyak algoritma yang bisa digunakan dalam permainan Nim ini, namun yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah algoritma Alpha-beta Pruning. Algoritma ini merupakan modifikasi dari algoritma Minimax.
Secara teori algoritma Alpha-beta Pruning lebih unggul dibandingkan dengan algoritma Minimax, baik dari kemampuan program dalam melakukan searching maupun dari sisi perbandingan waktu. Karena algoritma Alpha-beta Pruning dapat mereduksi pencarian node pada algoritma Minimax. Permainan ini memiliki 2 attribut penting dalam melakukan permainan, yakni: jumlah batang yang akan dimainkan dan siapa yang bermain duluan.

Kata Kunci: Game NIM, Artificial Intelligence, Alpha-beta Pruning, Minimax.

wpChatIcon
EnglishIndonesian